Pages

Monday, August 7, 2023

Turis Singapura Terbanyak Kunjungi Indonesia, India di Urutan Kedua

Repost kabar gayakabar.blogspot.com
Jakarta, CNN Indonesia --

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada periode Januari-Juni 2023 mencapai 5,19 juta orang. Jumlah ini naik 250,33 persen dibanding periode yang sama tahun lalu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Turis asal Singapura menjadi penyumbang terbanyak wisatawan mancanegara yang ke tanah air dengan 16,41 persen. Yang menarik, jumlah turis asal India yang ke tanah air meningkat, bahkan melampaui turis dari China.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Jumlah wisatawan asal India yang berkunjung ke Indonesia berkisar 307 ribu sampai 450 ribu orang pada periode Januari-Juni 2023.

Berdasarkan persentase, angka turis dari India mencapai 6,48 persen, sedangkan turis asal China yang ke Indonesia berada di angka 5,88 persen pada periode yang sama.

"India mencapai angka melampaui Tiongkok. Jadi jumlah ini patut kita syukuri dan kami bisa memberikan proyeksi target 8,5 juta akan terlampaui," kata Sandiaga dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (7/8).

Bali menjadi destinasi utama yang paling banyak disambangi turis asal India. Tujuan turis dari India ke Bali salah satunya untuk menikah dengan biaya yang lebih murah.

Selain itu, menurut Sandiaga, kesamaan budaya di India dengan di Bali juga dianggap salah satu faktor pemicunya. Dia optimistis angka tersebut kian meningkat pada hingga akhir tahun ini.

Terlebih sekarang sudah ada penerbangan langsung dari India ke Indonesia dan sebaliknya. Selain itu, Maskapai India, IndiGo juga telah resmi membuka rute penerbangan Mumbai-Jakarta mulai Agustus 2023.

(wiw)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)


Turis Singapura Terbanyak Kunjungi Indonesia, India di Urutan Kedua
Source/Sumber

No comments:

Post a Comment