Pages

Sunday, September 16, 2018

Ini Penyebab Macet Parah di Kawasan Rawa Bokor

loading...

JAKARTA - Konflik dump truk tanah yang dilarang melintas di kawasan Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat berimbas kemacetan di kawasan Rawa Bokor, Tangerang. Adanya penyempitan jalan serta volume kendaraan yang penuh membuat lalu lintas di sana tak bergerak.

Di sisi lain pengaspalan jalan menuju kawasan Dadap membuat kemacetan kian tak terurai. Imbasnya, jalanan di kawasan Rawa Bokor macet saat jam kerja. Kemacetan terparah terjadi selama tiga hari, Rabu 12-14 September 2018, kendaraan di kawasan itu tak bergerak.

Sekalipun ada petugas polisi, namun mereka tak bisa berbuat banyak. Lalu lintas padat, kendaraan besar, dan semerawutnya pengendara sepeda motor membuat kemacetan terelakan. Efek domino terjadi, hingga kendaraan di Tol Soedatmo menuju Bandara Soekarno-Hatta tak bergerak.

Warga sekitar, Endang (29), mengakui dalam sepekan terakhir, kemacetan di Rawa Bokor kian parah. Mobil dan sepeda motor tak bergerak lantaran adanya perbaikan jalan. Kondisi ini diperburuk dengan dump truk tanah yang melintas serta terjadinya botol neck di kawasan itu.

“Bisa dibilang, jalan cuman sedikit, jalan 10 menit abis itu berhenti bisa dua jam paling bentar,” ucap Endang ditemui di kawasan Jalan Husein Sastranegara, Benda, Tangerang, Banten, Minggu (16/9/2018).

Endang mengakui adanya dump truk tanah memang berimbas buruk. Kecepatan kendaraan menurun dan jalan kian sempit lantaran lantaran lebar truk memakan badan jalan. Bila berpapasan dengan truk lainnya. Kondisi jalanan kian macet parah lantaran jalan menyempit, kendaraan harus berhenti sementara dan menyebabkan kemacetan.

Kemacetan terparah terjadi saat malam hari setelah habis magrib. Tak adanya pembatasan truk di Rawa Bokor membuat volume truk meningkat. Jalanan kian macet lantaran waktu lintas truk beriringan dengan jam pulang kerja pekerja bandara.

Banyaknya truk yang melintas di kawasan Jalan Dadap disebabkan karena penolakan warga Alur, Kalideres, Jakarta Barat. Tewasnya Abdullah (18), di Jalan Kayu Besar Raya dekat ruko No 1 RT01/08, Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, Selasa 11 September 2018 karena truk, berimbas sikap anarkis warga, tujuh dump truk rusak setelah diserang warga.

Kondisi membuat pengemudi dump truk tak berani melintas. Mereka kemudian mengalihkan jalan menggunakan Tol Soedatmo keluar di off ramp Rawa Bokor dan melintas menuju Dadap. Hingga Selasa kemarin, jumlah dump truk yang melintas di kawasan Dadap kian banyak.

Pantauan KORAN SINDO di off ramp Rawa Bokor menuju Bandara Soekarno Hatta. Kondisi tak begitu padat saat hari kerja. Pekerja yang libur membuat volume kendaraan berkurang.

Meski kendaraan sedikit, namun lintas di sana sedikit macet. Penyempitan jalan terjadi mulai dari simpang tiga Rawa Bokor hingga off ramp tol sepanjang 50 meter membuat kemacetan bertambah parah. Disinilah menjadi menjadi penyebab kemacetan parah.

Kondisi diperparah dengan dump truck yang melintas. Manuver berbelok truk yang masuk dari off ramp menuju kawasan Dadap memakan waktu setengah badan jalan. Arus jalan tersendat.

Let's block ads! (Why?)

https://metro.sindonews.com/read/1338664/170/ini-penyebab-macet-parah-di-kawasan-rawa-bokor-1537094369

No comments:

Post a Comment