Pages

Sunday, September 2, 2018

Pemilihan Demokratis ala Warga BCD Bogor, Petahana Lanjut 2 Periode

loading...

BOGOR - Rakyat Indonesia siap menyongsong Pemilu Serentak (Pileg dan Pilpres 2019). Tentunya semua pihak berharap pemilu serentak yang perdana ini bisa berlangsung demokratis dan transparan.

Untuk mewujudkan pemilu yang demokratis dan transparan, tentu tidak ada salahnya dimulai dari level paling bawah, yakni pemilihan ketua Rukun Tetangga (RT). Pemilu yang demokratis dan transparan di tingkat RT ini diharapkan dapat ditularkan hingga level nasional di 2019 mendatang.

Hal itulah yang coba dilakukan warga RT 01/RW 18, Perumahan Bumi Cilebut Damai (BCD), Kelurahan Cilebut Barat, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. Setelah melakukan persiapan sekitar dua bulan, pemilihan ketua RT sukses terlaksana hari ini.

Pemilihan Ketua RT yang berlangsung secara demokratis dan transparan ini kembali menunjuk Roni Wijaya untuk menjabat periode kedua 2018-2023. Calon petahana ini unggul dari dua kandidat lainnya, yakni Nanang Susanto dan Aef Syaefurrohman.

Pemilihan Ketua RT ini berlangsung di balai warga setempat Minggu (2/9/2018) sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Antusias warga untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) tergolong tinggi. Hampir seluruh warga datang untuk menyalurkan hak pilihnya dalam pemilu RT dengan rasa pemilihan kepala daerah (Pilkada) ini.

Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Ketua RT 01/RW 18, Perumahan BCD, Syaiful Hadi, mengatakan, pemilu RT ini berlangsung sangat demokratis dan transparan. Ada tiga tahapan yang dilakukan panitia dalam proses pelaksanaan pemilu RT ini.

Tahap pertama adalah membuka pendaftaran bakal calon ketua RT secara terbuka. Tahap berikutnya adalah penjaringan calon sekaligus sosialisasi dengan cara mendatangi langsung rumah-rumah warga alias door to door.
 
"Tahap ketiga adalah pencoblosan yang berlangsung jujur, adil, bebas, dan rahasia hari ini," katanya.

Sementara itu, ketua RT terpilih, Roni Wijaya, menyambut baik antusias warga dalam Pemilu RT ini. Ia juga mengapresiasi kerja keras panitia sehingga pemilu RT ini berlangsung demokratis dan semarak.

"Pemilu RT-nya berlangsung demokratis. Terima kasih atas partisipasi warga. Ini bisa jadi pembelajaran buat kita dalam menghadapi Pilpres 2019," kata calon petahana itu.

Untuk mensukseskan pemilihan Ketua RT ini, panitia pelaksana Syaiful, Bowo, Benny, dan Buddy memang sengaja memasang sejumlah spanduk di beberapa titik di komplek perumahan BCD.

Layaknya pilkada, panitia juga memajang foto para kandidat sehingga lebih semarak. Pemilihan RT ini juga menggunakam surat suara layaknya surat suara KPU.

(ysw)

Let's block ads! (Why?)

https://metro.sindonews.com/read/1335046/170/pemilihan-demokratis-ala-warga-bcd-bogor-petahana-lanjut-2-periode-1535882303

No comments:

Post a Comment