Pages

Saturday, August 25, 2018

Balai Besar Taman Nasional Bromo Benarkan Gunung Semeru Alami Erupsi

TRIBUNNEWS.COM, KLOJEN - Balai Besar (BB) Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) membenarkan erupsi yang terjadi di Gunung Semeru.

Menurut Kepala Humas BB-TNBTS Sarif Hidayat, Gunung Semeru saat ini masih berstatus level II atau Waspada.

"Gunung Semeru merupakan gunung api yang tidak pernah tidur. Menurut petugas PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) Gunung Semeru Lumajang, tiap hari erupsi rata-rata 1 - 2 kali erupsi," kata Sarif pada Sabtu (25/8/2018).

Karenanya saat ini status kegunungapian Semeru ada di Level II alias Waspada .

Erupsi itu membuat Gunung Semeru mengeluarkan abu vulkaniknya. Pergerakan abu vulkanik gunung berketinggian 3.676 Mdpl itu tergantung arah angin.

Baca: Tak Diterima Massa di Pekanbaru, Neno Warisman Balik Jakarta

Pihak PVMBG sejak 2012 menetapkan status Waspada di Gunung Semeru. Status itu masih belum dicabut hingga kini. Status ini di atas satu level status Normal.

Berstatus Waspada, PVMBG merekomendasikan pendakian hanya sampai di Kalimati, dan tidak disarankan mendaki hingga ke Puncak Mahameru.

Persebaran abu vulkanik Semeru ini rupanya mengarah ke Malang dan sekitarnya, Sabtu (25/8/2018). Hal ini membuat Garuda Indonesia memilih mengubah rute penerbangan Jakarta - Malang ke Jakarta - Juanda.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/regional/2018/08/26/balai-besar-taman-nasional-bromo-benarkan-gunung-semeru-alami-erupsi

No comments:

Post a Comment